Pelatihan Penyusunan Program Promosi Kesehatan

 Program Studi Profesi Apoteker Universitas Islam Indonesia menyelenggarakan acara dalam bentuk Pelatihan Penyusunan Program Promosi Kesehatan bagi seluruh dosen Prodi Farmasi dan PSPA UII, lebih dari 15 orang dosen mengikuti pelaksanaan acara tersebut. Di awal acara, Ketua Program Studi Profesi Apoteker Universitas Islam Indonesia Dr. Farida Hayati, M.Si., Apt. secara resmi membuka pelaksanaan kegiatan pelatihan tersebut.
 
Adapun selaku pembicara dalam kegiatan tersebut adalah beliau Dr. Yayi Suryo Prabandari, M.Si., Ph.D. yang saat ini menjabat sebagai sekretaris Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Gadjah Mada. Beliau menyampaikan, ”Dalam penyusunan dan pengembangannya, program promosi kesehatan sebaiknya terorganisir, terencana dan dilaksanakan sebaik-baiknya, sehingga efek atau dampaknya dapat dievaluasi”, terang beliau.

”Prevensi penyakit sama dengan proteksi kesehatan, melakukan kegiatan untuk mencegah proses penyakit dengan menemukan cara untuk memodifikasi lingkungan, perilaku dan ketahanan badan, sehingga proses penyakit tereliiminasi, pelan atau berubah”, imbuhnya.  Beliau menambahkan, “Proteksi kesehatan diarahkan pada keinginan untuk menghindari penyakit secara aktif, untuk mendeteksi dini atau memelihara fungsi kehidupan dengan keterbatasan karena sakit”

Pelaksanaan pelatihan diselingi juga dengan diskusi antar peserta pelatihan, sehingga bagi masing-masing peserta pelatihan semacam ini sangat dibutuhkan untuk lebih mendalami penyusunan program promosi kesehatan. Pelatihan sendiri ditutup tepat pukul 17.00 WIB.