Pengabdian Masyarakat Angkatan XX

 Program Studi Profesi Apoteker Universitas Islam Indonesia mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat pada hari Ahad, 15 Juli 2012 di Dukuh Pelem, Desa Harjobinangun, Kecamatan Ngaglik, Sleman. Dengan tema "Sambut Ramadhan Sehat bersama Apoteker UII" kegiatan pengabdian masyarakat tersebut antara lain Pengajian Akbar oleh Ustad Syafii, Stand Kreasi Anak, Stand Remaja, Stand Apoteker, Stand Kesehatan, Stand Bazar. Acara yag dimulai pukul 06.30 s.d 13.00 WIB tersebut sangat antusias diikuti oleh warga.

Kegiatan pengabdian masyarakat sendiri dibuka oleh Ketua PSPA UII Bp. Saepudin, M.Si., Apt. sebelum pengajian akbar dimulai.  Dalam sambutannya Bp. Saepudin, M.Si., Apt. tersebut menyampaikan bahwa pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh PSPA UII ini sebagai wujud nyata kepedulian PSPA UII terhadap masyarakat, khususnya di Dukuh Pelem. Selain itu beliau juga menyampaikan terima kasih kepada panita terutama mahasiswa Angkatan XX yang telah bekerja keras sehingga pengabdian masyarakat PSPA UII akhirnya bisa terselenggara dengan baik.
Sambutan dari Dukuh Pelem disampaikan oleh Bp. Suryanto, beliau menyampaikan terima kasih kepada segenap civitas akademika PSPA UII yang telah memberikan perhatian, waktu, dan jerih payahnya kepada warga di Dukuh Pelem. Semoga kedepan hubungan antara PSPA UII dengan warga Dukuh Pelem dapat terjalin dengan baik.
Adapun Stand yang ada antara lain Stand Kreasi Anak. Stand tersebut berada di rumah Bapak Dukuh yang diisi oleh dongeng untuk anak dan diikuti doorprize. Stand Remaja, berada di rumah Ibu Suci Hanifah, M.Si., Apt. yang juga selaku Dosen PSPA UII. Stand Remaja diisi oleh pemutaran video kesehatan masyarakat kreasi mahasiswa. Stand Kesehatan dan stand Apoteker berada di pelataran masjid. Stand kesehatan terdiri dari cek tensi, cek KGD, cek kolesterol, cek asam urat. Stand Apoteker terdiri dari konsultasi umum/swamedikasi, tanaman obat, konsultasi terkait pengukuran di stand kesehatan.
 Stand bazar berisi sembako murah (tanpa beras) diberikan kepada KK yang sudah mendapat kupon dari Kepala Dukuh. Selain itu yang membuat antusias warga lebih bersemangat adalah dengan adanya penjualan pakaian pantas pakai dengan harga maksimal Rp. 5.ooo,-. Acara diakhiri dengan shalat dzuhur berjamaah dan dilakukan bersih-bersih di tempat kegiatan sehingga tidak mengotori tempat yang telah digunakan.