Pembekalan Pra-PKPA Bidang RS

 Sebelum pelaksanaan Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA), mahasiswa PSPA UII dibekali kegiatan Pra-PKPA guna menunjang kinerja sebelum terjun ke tempat PKPA yang telah disepakati. Dalam kesempatan ini mahasiswa angkatan XX yang dibekali seminar pembekalan Pra-PKPA untuk bidang rumah sakit. Pembekalan tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu, 7 Juli 2012 dan bertempat di Auditorium Fakultas Teknologi Industri lantai 3 Universitas Islam Indonesia.

Acara dihadiri seluruh mahasiswa angkatan XX PSPA UII, yang jumlahnya sekitar 117 orang mahasiswa. Dalam kesempatan tersebut 2 (dua) orang pembicara sengaja didatangkan untuk berbagi dan memberikan arahan kepada mahasiswa sebelum terjun ke tempat PKPA. Pembicara yang pertama adalah Dra. Didiet Etnawati, M.Sc., Apt. dan dilanjutkan dengan pembicara kedua yaitu Dra. PE Wardani, MAB., Apt. Seminar pembekalan Pra-PKPA bidang rumah sakit tersebut juga dihadiri oleh Bapak Saepudin, M.Si., Apt. selaku Ketua Program Studi Profesi Apoteker.

Dalam penjelasannya Dra. Didiet Etnawati, M.Sc., Apt. memaparkan tentang Seni Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) di Instalasi Farmasi Rumah Sakit. Beliau menuturkan, “Pelayanan farmasi rumah sakit adalah bagian yang tidak terpisahkan dari sistem pelayanan kesehatan rumah sakit yang berorientasi kepada pelayanan pasien, penyediaan obat yang bermutu, termasuk pelayanan farmasi klinik, yang terjangkau bagi semua lapisan masyarakat”, terangnya.

Sedang Dra. PE Wardani, MAB., Apt. menjelaskan tentang Seni Pengelolaan Perbekalan Farmasi di Rumah Sakit. Dalam kesempatan tersebut, beliau lebih banyak menerangkan tentang perubahan paradigma peran apoteker di rumah sakit. Di akhir acara diisi diskusi dan tanya jawab dengan seluruh mahasiswa. Di sela-sela kegiatan Bapak Saepudin, M.Si., Apt. mengaku puas dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Acara pembekalan Pra-PKPA tersebut diakhiri tepat pada pukul 12.00 WIB.