DAFTAR PERTANYAAN SEPUTAR PENERIMAAN MAHASISWA BARU (PMB)

PROGRAM STUDI PROFESI APOTEKER UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA (PSPA UII)

1. Q : Apakah PSPA UII menerima calon mahasiswa non-muslim?
A : Proses PMB PSPA UII terbuka bagi seluruh lulusan S1 Farmasi baik beragama muslim maupun non-muslim, hanya saja untuk Ujian Seleksi (baik test tertulis maupun test wawancara) tetap akan ada soal mengenai agama Islam.
2. Q : Apakah jenis TOEFL yang diminta pada persyaratan pendaftaran PMB PSPA UII?
A : Persyaratan pendaftaran berupa sertifikat TOEFL yang diminta adalah sertifikat TOEFL yang diterbitkan oleh penyelenggara test toefl/ institusi/ lembaga apapun (bebas). Sertifikat TOEFL tersebut mencantumkan skor listening comprehension, structure and written expression, serta reading comprehension, total skor dari ketiganya minimal 450. Calon pendaftar yang akan mendaftar di PSPA UII dipersyaratkan sudah memiliki sertifikat tersebut dengan masa berlaku maksimal 2 tahun dari diterbitkannya sertifikat (sehingga calon pendaftar telah mengikuti test toefl secara mandiri/sendiri-sendiri dan bisa menggunakan jasa lembaga dari luar UII / tidak harus test toefl yang diselenggarakan oleh UII).
3. Q : Bagaimana kebijakan dari UII terkait sistem akademik (proses belajar mengajar) selama pandemi? Saya baru lulus S1 Farmasi tahun ini, ingin melanjutkan profesi apoteker tapi khawatir ilmu yg didapat tidak maksimal karena pembelajaran online
A : Selama pandemi Covid-19, sistem pembelajaran di UII mengalami banyak penyesuaian dengan kombinasi daring dan luring dengan memperhatikan situasi dan kondisi terkini. Kebijakan yang diambil oleh pimpinan universitas pada prinsipnya mengutamakan kesehatan dan keselamatan mahasiswa serta seluruh civitas akademika. 
4. Q : Apakah ujian seleksi PMB PSPA UII dilakukan secara online ataukah offline?
A : Pada periode ini, Ujian seleksi PMB PSPA UII diselenggarakan secara:

  1. Ujian seleksi bidang agama dan kefarmasian dengan metode Computer Based Test (CBT) dilaksanakan secara luring (offline) di kampus terpadu UII.
  2. Ujian  seleksi dengan metode OSCE dan wawancara dilaksanakan secara offline.

Peserta ujian diharapkan melampirkan sertifikat vaksin ke 1,2,3 (dijadikan 1 file) sebagai syarat mengikuti tes CBT dan OSCE. Bagi yang tidak memungkinkan vaksin secara kondisi wajib melampirkan surat keterangan dokter.

Pendaftar yang Lolos Administrasi wajib telah melakukan vaksinasi minimal dosis 2 sebelum CBT. Sedangkan Pendaftar yang Lolos Administrasi sudah melakukan vaksin dosis 2 dan 3 maka menyesuaikan dengan keadaan dan syarat dari pemerintah pada waktu yang bertepatan dengan test CBT.

5. Q : Apakah lulusan S1 Farmasi dari eksternal UII bisa mengikuti proses seleksi PMB PSPA UII menggunakan Surat Keterangan Lulus?
A : Mohon maaf untuk pendaftar dari eksternal UII wajib menggunakan ijazah asli dan transkrip nilai asli. Calon peserta diwajibkan mengisi surat pernyataan keaslian dokumen.
6 Q : Saya sudah membuat NIU dan login, selanjutnya bagaimana langkah-langkah pembelian formulir pendaftaran PMB PSPA UII?
A : Langkah-langkah pembelian formulir pendaftaran yaitu login di admisi.uii.ac.id lalu melakukan pembelian formulir seleksi mahasiswa baru dengan memilih menu beli formulir Tes Online, kemudian memilih Fakultas MIPA dan Profesi Apoteker. Setelah proses selesai, Anda akan mendapatkan nomor tagihan yang nampak pada layar dan selanjutnya digunakan untuk membayar via Bank Mandiri (pembayaran dapat dilakukan secara online melalui m-banking, dll).
7 Q : Apakah yang dimaksud dengan rekomendasi dosen pembimbing skripsi yang digunakan sebagai salah satu syarat pendaftaran PMB PSPA UII?
A : Setelah melakukan pendaftaran di admisi.uii.ac.id, calon pendaftar diminta mengunggah berkas pendaftaran melalui isian google form. Salah satu item data yang harus diisi pada google form tersebut adalah nama dosen pembimbing skripsi (1 atau 2) dan alamat email dosen pembimbing (pastikan alamat email tersebut masih aktif dan dapat menerima email dari institusi lain).

Selanjutnya, panitia PMB PSPA UII akan mengirimkan email kepada dosen pembimbing yang bersangkutan untuk dimintakan surat rekomendasi.

Calon peserta diharapkan ikut mengingatkan dosen pembimbing untuk mengisi isian form rekomendasi sebagai salah satu persyaratan administrasi.

8 Q : Berapakah total biaya studi di Prodi Profesi Apoteker UII bagi lulusan S1 Farmasi dari eksternal UII?
A : Total biaya bagi lulusan S1 Farmasi dari eksternal UII adalah Rp 40.000.000,- dibayarkan dengan sistem angsuran sebanyak empat kali.
9 Q : Apakah berkas persyaratan berupa surat keterangan sehat (sehat jasmani, sehat jiwa), surat bebas narkoba, dan surat bebas buta warna dapat disusulkan apabila sudah dinyatakan lolos sebagai mahasiswa PSPA ataukah harus dilampirkan pada saat pendaftaran?
A : Seluruh berkas persyaratan harus diunggah pada periode pendaftaran karena akan digunakan saat seleksi administrasi.
10 Q : Saya sudah pernah mendaftar PMB PSPA UII pada periode sebelumnya, apakah saya perlu membuat NIU baru untuk pembelian formulir, ataukah dapat menggunakan NIU yang sudah ada?
A : Calon pendaftar menggunakan NIU yang sudah ada, tidak perlu membuat NIU baru. Calon pendaftar dari S1 Farmasi UII dapat login di admisi.uii.ac.id menggunakan NIU. Untuk mahasiswa yang lupa NIU dapat memanfaatkan lupa password. NIU menggunakan data kependudukan (No KTP) sehingga tidak mungkin mahasiswa memiliki NIU yang double. Jika email calon mahasiswa pada saat awal pertama kali membuat NIU juga tidak bisa diakses (lupa), calon mahasiswa dapat menghubungi panitia PMB PSPA UII.

Calon pendaftar dari S1 Farmasi non-UII harus membuat NIU dulu dengan menu “Buat Akun”.

11 Q : Saya pernah mengikuti 2 kali test PMB PSPA UII pada periode sebelumnya (gelombang 1 dan 2), namun belum diterima. Apakah saya masih bisa mendaftar?
A : Calon pendaftar masih diperbolehkan mengikuti PMB PSPA UII 1 kali untuk yang terakhir.