Penerimaan Mahasiswa Baru Profesi Apoteker Angkatan 45

Program Studi Profesi Apoteker Fakultas MIPA Universitas Islam Indonesia akan menerima pendaftaran mahasiswa baru angkatan 45 gelombang Satu dengan jadwal sebagai berikut:

No Uraian Gelombang 1
1 Pendaftaran 3 Juni – 3 Juli 2024
2 Pengumuman lolos administrasi 7 Juli 2024
3 Tes agama, kefarmasian metode CBT (offline)  9 Juli 2024
4 Tes praktik dan wawancara metode OSCE (offline) 10 Juli 2024
5 Pengumuman mahasiswa baru yang diterima 13 Juli 2024
6 Registrasi (Online) 15-16 Juli 2024
7 Kuliah perdana 16 Agustus 2024

PENGUMUMAN HASIL

Pengumuman hasil terdiri atas pengumuman lolos administrasi dan pengumuman akhir mahasiswa baru yang diterima. Mahasiswa yang berhak melanjutkan ke tahapan tes seleksi adalah yang sudah diumumkan lolos administrasi. Mahasiswa yang sudah diumumkan diterima sebagai mahasiswa baru pada gelombang satu, wajib melaksanakan registrasi di gelombang satu, dan akan kehilangan haknya sebagai mahasiswa baru jika tidak melaksanakan registrasi sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

MEKANISME PROSES PENDAFTARAN

Calon pendaftar melakukan pendaftaran online pada alamat admisi-pasca.uii.ac.id

  1. Bagi yang sudah memiliki NIU (Nomor Induk Utama), silahkan masukkan NIU & Password.
  2. Bagi yang belum memiliki NIU (Nomor Induk Utama) silahkan pilih “Buat Akun”dengan menyiapkan file scan kartu identitas KTP/SIM/KK dan file foto resmi, masing-masing file maksimal 2MB, format JPEG/JPG/PNG. Setelah mendapatkan akun NIU & password, harap dicatat baik-baik akun NIU dan password tersebut. Selanjutnya login menggunakan NIU & password di https://admisi-pasca.uii.ac.id/
  3. Melakukan pembelian formulir seleksi mahasiswa baru dengan memilih menu Beli Formulir
  4. Memilih Jenjang Pendidikan : Profesi (P1). Selanjutnya memilih Pola Seleksi : Tes Seleksi Profesi Apoteker, lalu mengisi IPK pada kolom. Kemudian Klik Beli Fomulir
  5. Setelah selesai proses akan mendapatkan nomor tagihan yang nampak pada layar dan selanjutnya akan digunakan untuk membayar via Bank Mandiri (dapat dilakukan secara online).

PROSES PEMBAYARAN

  1. Pembayaran menggunakan nomor tagihan via Bank yang tercantum dalam sistem tagihan (dapat dilakukan secara online)
  2. Slip pembayaran disimpan

PROSES PEMBERKASAN

  • Melampirkan persyaratan pendaftaran melalui (Halaman Ini)

PENDAFTAR ALUMNI S1 FARMASI UII

  • Lulus S1 dengan IPK ≥ 2,5 dengan maksimal masa studi 5 tahun dengan melampirkan: Scan ijasah S1 asli, atau SKL S1 asli, scan transkrip nilai asli, atau KHS asli (bukan scan copy yang dilegalisir).
  • Belum pernah atau maksimal tiga kali mengikuti seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Studi Profesi Apoteker UII (melampirkan: Surat pernyataan ber-e-materai). (Form Surat Pernyataan dapat diunduh di sini)
  • Dinyatakan sehat rohani yang dibuktikan melalui tes MMPI (Minessota Multiphasic Personality Inventory) di Rumah Sakit dengan melampirkan bukti scan Surat Keterangan Sehat Rohani nya. Batas waktu maksimal 2 bulan dari tanggal pendaftaran.
  • Surat keterangan bebas narkoba (scan surat keterangan bebas narkoba asli). Surat keterangan bebas narkoba dibuktikan dengan hasil berdasarkan pemeriksaan laboratorium minimal 2 (Amphetamin , Metamphetamin, Cocaine, Canna, Opiate, morfin, benzodiazepin, barbiturat). Scan surat keterangan bebas narkoba asli dan batas waktu maksimal 1 bulan dari tanggal pendaftaran .
  • Skor CEPT min 450 dari CILACS UII.  (Info Lebih Lanjut)
  • Rekomendasi dosen pembimbing skripsi dengan menuliskan nama pembimbing skripsi 1 disertai alamat email pada formulir online yang telah disediakan.
  • Melampirkan formulir surat pernyataan jaminan keaslian dokumen. Surat pernyataan ditandatangani di atas e-materai 10000.  (Form Surat Pernyataan dapat diunduh di sini)
  • Melampirkan bukti identitas diri berupa: Soft file Pas Foto berwarna terbaru (JPG, JPEG, PNG) maksimal 2MB, Softfile hasil scan KTP / Kartu Keluarga (JPG, JPEG, PNG) yang telah di fix crop, maksimal 2 MB
  • Melampirkan sertifikat vaksin minimal sudah dua kali vaksin. (Bukti sertifikat ke 1,2,3 dijadikan 1 file) dan bagi yang tidak memungkinkan bisa vaksin dapat melampirkan surat keterangan dokter.

PENDAFTAR ALUMNI S1 FARMASI NON UII

  • Akreditasi Prodi asal S1 minimal B atau Baik Sekali dengan melampirkan: Scan SK akreditasi Prodi S1 Farmasi saat lulus S1Tidak menerima pendaftar dari lulusan D3 yang kemudian melanjutkan (transfer) ke S1 Farmasi.
  • Lulus S1 dengan IPK ≥ 3,0 dan maksimal masa studi 5 tahun dengan melampirkan: Scan ijasah S1 asli dan scan transkrip nilai asli (bukan scan copy yang dilegalisir).
  • Sehat jasmani dibuktikan dengan melampirkan: Scan surat keterangan sehat jasmani asli dari instansi pemerintah (Puskesmas atau Rumah Sakit) dengan masa berlaku selama 2 bulan dari tanggal periksa.
  • Dinyatakan sehat rohani yang dibuktikan melalui tes MMPI (Minessota Multiphasic Personality Inventory) di Rumah Sakit dengan melampirkan bukti scan Surat Keterangan Sehat Rohani nya. Batas waktu maksimal 2 bulan dari tanggal pendaftaran.
  • Surat keterangan tidak buta warna (Scan surat keterangan tidak buta warna asli dari dokter spesialis mata) dengan masa berlaku selama 2 bulan dari tanggal periksa.
  • Surat keterangan bebas narkoba (scan surat keterangan bebas narkoba asli). Surat keterangan bebas narkoba dibuktikan dengan hasil berdasarkan pemeriksaan laboratorium minimal 2 (Amphetamin , Metamphetamin, Cocaine, Canna, Opiate, morfin, benzodiazepin, barbiturat). Scan surat keterangan bebas narkoba asli dan batas waktu maksimal 1 bulan dari tanggal pendaftaran.
  • Skor CEPT min 450 dari CILACS UII. (Info Lebih)
  • Rekomendasi dosen pembimbing skripsi dengan menuliskan nama pembimbing skripsi 1 disertai alamat email pada formulir online yang telah disediakan.
  • Melampirkan formulir surat pernyataan jaminan keaslian dokumen. Surat pernyataan ditandatangani di atas e-materai 10000. (Form Surat Pernyataan dapat diunduh di sini)
  • Melampirkan bukti identitas diri berupa : Soft file Pas Foto berwarna terbaru (JPG, JPEG, PNG) maksimal 2MB, soft file hasil scan KTP / Kartu Keluarga (JPG, JPEG, PNG) yang telah di fix crop, maksimal 2 MB.
  • Melampirkan sertifikat vaksin minimal sudah dua kali vaksin. (Bukti sertifikat ke 1,2,3 dijadikan 1 file) dan bagi yang tidak memungkinkan bisa vaksin dapat melampirkan surat keterangan dokter.

BIAYA

  • BIAYA PENDAFTARAN : Rp. 500.000,00,-*)**)
  • BIAYA KULIAH* :
ANGSURAN BIAYA TANGGAL BAYAR CARA PEMBAYARAN KETERANGAN
1 9.000.000 (alumnus UII)/15.000.000 (alumnus non UII) Sesuai jadwal registrasi SISTEM TAGIHAN Angsuran I

Syarat mengikuti perkuliahan

2 10.000.000 1-15 Oktober 2024 Rekening FMIPA Profesi Apoteker UII

No : 137-00-1765823-4

Bank Mandiri

Angsuran II

Persyaratan mengikuti PKPA

3 9.500.000 (alumnus UII)/15.000.000 (alumnus selain UII) 1-15 Januari 2025 SISTEM TAGIHAN Angsuran III

Persyaratan mengikuti Ujian komprehensif tahap 1

4 10.000.000 1-15 April 2025 Rekening FMIPA Profesi Apoteker UII

No : 137-00-1765823-4

Bank Mandiri

Angsuran IV

Persyaratan mengikuti Ujian komprehensif tahap

2

*) dibayarkan melalui Bank sebagaimana tertera dalam sistem tagihan

**) Biaya pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat diminta Kembali

Catatan:

  • Biaya Kuliah meliputi Biaya Operasional Pembelajaran, Praktek Kerja, wisuda/Sumpah apoteker, Ujian Lokal, dan Ujian Nasional UKAI CBT dan OSCE.
  • Pendaftar yang Lolos Administrasi wajib telah melakukan vaksinasi minimal dosis 2 sebelum CBT. Sedangkan Pendaftar yang Lolos Administrasi sudah melakukan vaksin dosis 2 dan 3 maka menyesuaikan dengan keadaan dan syarat dari pemerintah pada waktu yang bertepatan dengan test CBT.
  • Biaya melebihi masa studi :
No Keterangan Biaya
1 Mengulang pembelajaran blok 500.000/SKS
2 Mengulang pembelajaran PKPA 2.000.000/PKPA
3 Mengulang persiapan UKAI (khusus untuk retaker dan yang tidak lulus yudisium tutup teori karena nilai blok persiapan UKAI tidak memenuhi syarat 3.000.000

Warning PMB 45

 

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

+62 851-7241-1522 (Admin 1) & +62 851-7248-1511 (Admin 2)