Penyusunan LO Evaluasi Kurikulum Prodi Farmasi dan PSPA UII

 Bertempat di Hotel Sahid Rich Yogyakarta, Program Studi Farmasi dan Program Studi Profesi Apoteker Fakultas MIPA Universitas Islam Indonesia menyelenggarakan kegiatan “Penyusunan LO dan Evaluasi Kurikulum”. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 1 hingga 2 Juni 2015 ini melibatkan seluruh dosen Farmasi dan PSPA Universitas Islam Indonesia.
 
Kegiatan dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan Fakultas MIPA Universitas Islam Indonesia, Ibu Dr. Farida Hayati, M.Sc., Apt.  Adapun narasumber pertama dalam kegiatan tersebut adalah Bapak Dr. Ir. J. Endrotomo, M.Sc. Sedangkan untuk narasumber yang kedua adalah Ibu Dr. Umi Athiyah, MS., Apt.

Evaluasi kurikulum yang akan dilakukan ditinjau kesesuaiannya dengan Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia/KKNI (Indonesia Qualification Framework). Salah satu evaluasi yang dilakukan adalah evaluasi mata kuliah dan praktikum yang dilakukan oleh PSPA pada setiap aktivitas blok serta Prodi Farmasi Universitas Islam Indonesia pada masing-masing Kelompok Keilmuan, yaitu GMK Kimia Farmasi, GMK Biologi Farmasi, GMK Teknologi Farmasi, GMK Farmakologi dan GMK Farmasi Klinik dan Komunitas.

Bapak Dr. Ir. J. Endrotomo, M.Sc. memaparkan terkait penyusunan kurikulum Perguruan Tinggi sesuai SNPT dan KKNI, yang dilanjutkan dengan diskusi. Sedang untuk narasumber berikutnya, Ibu Dr. Umi Athiyah, MS., Apt. memaparkan penyusunan capaian pembelajaran (learning outcome) dan standar kompetensi Prodi Farmasi dan PSPA. Pada sesi terakhir hari pertama, masing-masing kelompok memaparkan hasil diskusi internal yang diwakili oleh Ketua tiap Kelompok Keilmuan.

 Dihari kedua pelaksanaan, diisi dengan kegiatan kerja mandiri oleh masing-masing Kelompok Keilmuan. Kegiatan selama dua hari tersebut diakhiri dengan perumusan bersama standar kompetensi Prodi Farmasi dan Prodi Profesi Apoteker Universitas Islam Indonesia.