Lokakarya Metode Pembelajaran Farmasi Industri di PSPA UII

 Seiring dilaksanakannya pembelajaran dengan metode problem based learning (PBL) oleh PSPA (Program Studi Profesi Apoteker) UII, kegiatan praktikum merupakan salah satu metode pembelajaran yang menunjang tercapainya kompetensi mahasiswa. Kegiatan praktikum dilaksanakan dalam rangka meningkatkan keterampilan (soft skill dan hard skill) serta wawasan mahasiswa.
 
 
Kegiatan praktikum di tingkat program profesi apoteker harus didesain sedemikian rupa sehingga tercapai kompetensi mahasiswa yang diinginkan. Namun, hal ini tidak mudah karena sering terjadinya overlap/ tumpang tindih antara materi praktikum di S1 dengan materi praktikum di tingkat program profesi apoteker. Selain itu, dengan digunakannya metode pembelajaran PBL menyebabkan terbatasnya alokasi waktu untuk kegiatan praktikum. Oleh karena itu, diperlukan suatu langkah untuk mendesain praktikum agar didapatkan model kegiatan praktikum untuk mencapai kompetensi yang diinginkan serta tidak tumpang tindih dengan praktikum di level sebelumnya.
Dalam rangka mempersiapkan metode pembelajaran mengenai manajemen farmasi industri di Blok Manajemen Farmasi, PSPA UII mengadakan lolakarya dengan mengundang pakar di bidang farmasi industri yaitu Bapak Syofyan, S.Si, M.Farm, Apt. (Dosen Fakultas Farmasi Universitas Andalas).  Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran/ model praktikum di tingkat program profesi apoteker (praktikum manajemen farmasi industri) dan memisahkan konten praktikum di tingkat S1 dan program profesi apoteker. Dengan metode benchmarking, Bapak Syofyan memaparkan terlebih dahulu tentang metode pembelajaran farmasi industri di Universitas Andalas (Sumatera Barat) dilanjutkan tenatang review pembelajaran manajemen farmasi industri di PSPA UII baik pada saat pelaksanaan blok maupun PKPA bidang industri farmasi. Konsep yang dipaparkan oleh Bapak Syofyan untuk pembelajaran farmasi industri pada pendidikan Apoteker tersebut dinamakan Metode Simulasi Peran Langsung (SIMPEL).
Lokakarya yang diadakan di Gedung Laboratorium Terpadu FMIPA UII (12/3) ini dihadiri oleh pengelola blok manajemen farmasi, pembimbing PKPA bidang industri farmasi, serta dosen kelompok keilmuan teknologi farmasi, kimia farmasi dan biologi farmasi. Beberapa usulan dan masukan dari peserta lokakarya dapat digunakan untuk memperbaiki pembelajaran manajemen farmasi industri di Blok Manajemen Farmasi dan PKPA bidang industri farmasi yang selama ini telah dilaksanakan. (diesty)