Pelatihan Penulisan Skenario PBL

 Program Studi Profesi Apoteker Universitas Islam Indonesia kembali memberikan pelatihan kepada dosen maupun tutor terkait penulisan skenario “Problem Based Learning”. Acara yang berlangsung hari Jum’at dan Sabtu, 14 – 15 Juni 2013 tersebut bertempat di Kusuma Room Hotel Cakra Kusuma Jalan Kaliurang.
 
Kurang lebih sekitar 18 (delapan belas) dosen dan tutor dari Program Studi Profesi Apoteker Universitas Islam Indonesia nampak begitu antusias mengikuti jalannya pelatihan tersebut. Dalam kesempatan tersebut, acara dibuka secara langsung oleh Ketua Program Studi Profesi Apoteker Universitas Islam Indonesia, Ibu Dr. Farida Hayati, M.Si., Apt. Adapun pemateri dalam pelatihan tersebut adalah beliau Dr. Siti Rokhmah P, M.Ed., Dr. Savitri Shitarukmi, dan Dr. Noviarina Kurniawati.

Dalam sambutan pembukanya Dr. Farida Hayati, M.Si., Apt. berharap, “Dengan adanya pelatihan-pelatihan semacam ini maka kinerja dosen maupun  tutor dalam hal penulisan skenario “Problem Based Learning” akan lebih terasah dan berbobot, sehingga akan berdampak positif juga bagi hasil belajar mengajar mahasiswa”.

Pelatihan pada hari Jum’at, 14 Juni 2013 diisi dengan berbagai pemaparan terkait penulisan skenario oleh pemateri. Dr. Siti Rokhmah P, M.Ed. menyampaikan, “Salah satu strategi dalam penulisan skenario adalah deskripsi satu set fenomena atau kejadian dimana mahasiswa dapat mempelajari bagaimana harus bereaksi terhadap pemahaman kasus atau cara menatalaksanai suatu kasus”, terangnya.

Sedang Dr. Savitri Shitarukmi menyampaikan, “Salah satu cara meningkatkan ketertaikan mahasiswa pada topik skenario adalah dengan membuat mahasiswa untuk berdiskusi tentang solusi yang mungkin dan mengeksplore alternatif penjelasan”, terang beliau.

Pelatihan sesi ke 2 pada hari Sabtu, 15 Juni 2013 lebih ditekankan kepada praktek secara langsung. Dalam pelatihan tersebut dilibatkan peran aktif mahasiswa, yang kali itu diperbantukan sebanyak 11 orang mahasiswa dari Program Studi Profesi Apoteker Universitas Islam Indonesia untuk ikut terjun secara langsung dalam uji coba hasil penulisan skenario tersebut.