Kuliah Perdana Angkatan XVIII

Bertempat di Gedung Kuliah Umum (GKU) Prof. Sardjito Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia (UII), pada Hari Sabtu tanggal 19 Februari 2011 telah dilaksanakan studium general dan kuliah tamu alumni dalam rangka kuliah perdana mahasiswa Program Pendidikan Profesi Apoteker (PPPA) UII Angkatan XVIII. Studium general dan kuliah tamu alumni dengan tema “Menuju Farmasis yang Kompeten, Profesional, dan Kreatif untuk Mendukung Peningkatan Martabat dan Kemandirian Bangsa Menghadapi Persaingan Global” ini diikuti oleh semua 142 orang mahasiswa baru angkatan XVIII, yang terdiri dari 125 mahasiswa program regular dan 17 mahasiswa program double degree.
Bertindak sebagai pembicara pada studium general yang dilaksanakan pada sesi pertama kuliah perdana adalah Dra. Khafifah Ani, Apt., MARS, apoteker yang menjabat sebagai direktur RSUD. Cengkareng Jakarta.  Kehadiran Ibu Ani sebagai pembicara pada acara studium general ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada para mahasiswa baru agar percaya diri menjadi seorang calon apoteker.  Dari pemaparan yang Ibu Ani sampaikan, apa yang dialami oleh Ibu Ani dalam hal jabatan struktural di rumah sakit termasuk sangat langka.  Hal ini dikarenakan menurut peraturan yang ada di Indonesia, jabatan direktur rumah sakit hanya dapat diduduki oleh dokter atau dokter gigi.  Namun demikian, dengan berbekal keyakinan, kesungguhan, dan kerja keras, Ibu Ani mampu membuktikan bahwa apotekerpun mampu menduduki jabatan tersebut.  Ibu Ani menambahkan, bahwa jabatan yang beliau duduki ini semata-mata atas kepercayaan yang diberikan oleh pemerintah DKI Jakarta yang didasarkan atas hasil serangkaian fit and proper test y ang telah dilakukan.  Beliau menegaskan bahwa “tugas kita adalah bekerja dengan sebaik-baiknya, biarkan orang lain yang menilai, dan Allah Ta’ala yang akan memberikan imbalan atas usaha keras dan kebaikan yang kita lakukan”. Di akhir sesi studium general ketika beliau diminta memberikan pesan penting kepada para mahasiswa baru beliau menyampaikan “ binalah selalu hubungan baik dengan Allah Ta’ala, karena DIAlah yang menguasai jiwa raga kita, dan juga binalah selalu hubungan baik dengan orang tua, karena kesuksesan hidup kita juga sangat tergantung dari ridho orang tua kita”. Acara Studium general yang cukup menarik ini berlangsung sampai jam 11.30.
Pada sesi kedua setelah acara studium general, dilaksanakan kuliah tamu alumni dengan menghadirkan tiga orang alumni yang sudah meniti karir di berbagai bidang farmasi. Ketiga alumni yang dihadirkan adalah Neni Triana, S.Farm., Apt (BPOM Riau), Tika Geru Marlinda (Marketing Pusat PT. Pentavalen, distributor obat), dan Arafat, S.Farm., Apt. (Kepala Instalasi Farmasi RS. Mitra Siaga Tegal).  Ketiga Alumni yang hadir dengan penuh semangat menyampaikan pengalamannya untuk mencari pekerjaan yang dicita-citakan, tidak ketinggalan juga kiat-kiat yang mereka tempuh agar dapat diterima dengan baik dan enjoy di lingkungan pekerjaan.  Semua mahasiswa baru sangat antusias memperhatikan apa yang disampaikan oleh para alumni.  
Untuk memaksimalkan kesempatan kehadiran para alumni, setelah rangkaian acara selesai, Ketua Prodi Farmasi Bapak M. Hatta Prabowo, M.Si., Apt., dan Ketua PPPA UII Bapak Saepudin, M.Si., Apt. mengadakan sarasehan dengan para alumni untuk menampung masukan-masukan dalam rangka perbaikan dan pengembangan kurikulum dan juga proses pembelajaran baik di tingkat sarjana maupun profesi apoteker.  Selain tiga orang alumni yang menjadi pembicara pada sesi kuliah tamu, beberapa alumni lain dari angkatan 1998, 1999, 2000 dan 2001 ikut hadir dan sangat antusias memberikan masukan dan saran dalam acara sarasehan yang berlansung sampai berkumandangnya adzan maghrib.
(Saepudin, M.Si., Apt.)