Ujian Kompre Profesi Apoteker dengan Metode OSCA

Pada Hari Senin 31 Januari 2011 Program Pendidikan Profesi Apoteker (PPPA) UII menyelenggarakan ujian komprehensif bidang farmasi komunitas untuk mahasiswa angkatan XVI.  Ujian yang diikuti oleh 108 peserta ini, terdiri dari 98 mahasiswa program regular dan 10 orang mahasiswa program double degree, berlangsung mulai jam 08.00 sampai jam 13.00.  

Ujian komprehensif ini dilaksanakan dengan metode OSCA (objective structured clinical assessment) dengan melibatkan penguji-penguji berpengalaman yang ditetapkan berdasarkan rekomendasi pengurus daerah ikatan apoteker Indonesia (PD IAI) Daerah Istimewa Yogyakarta.   Metode ini merupakan metode yang telah digunakan IAI dalam proses sertifikasi kompetensi apoteker, dan di PPPA UII metode ini mulai diterapkan untuk pelaksanaan ujian komprehensif bidang farmasi komunitas untuk mahasiswa angkatan XIII.  Dengan diterapkannya metode ini, diharapkan hasil ujian yang diperoleh benar-benar menggambarkan kompetensi mahasiswa, karena materi yang diujikan benar-benar komprehensif dan seragam untuk semua mahasiswa.  
Hadir sebagai penguji pada pelaksanaan ujian ini diantaranya adalah Bapak Nunut Rubiyanto, S.Si., Apt. (Ketua PD IAI DIY) dan Ibu Bondan Ardiningtyas, M.Sc., Apt. (Sekertaris PD IAI DIY).  Penguji lain yang hadir adalah para praktisi farmasi komunitas yang sudah berpengalaman, seperti Ibu Dra. Endang Sutantiningsih, Apt. yang juga mengampu mata kuliah Manajemen Farmasi Perapotekan di PPPA UII. Pelaksanaan ujian diawali dengan sambutan dan pengarahan dari Dekan, Bapak Yandi Syukri, M.Si., Apt. didampingi oleh Ketua PPPA Bapak Saepudin, M.Si., Apt., dan ketua tim ujian komprehensif bidang farmasi perapotekan Ibu Dra. Suparmi, M.Si., Apt. 
(Saepudin, M.Si., Apt.)