Kunjungan Industri

Kunjungan ke PT. Deltomed Laboratories dan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TO2T)
Dalam rangka memperluas wawasan mahasiswa terkait ruang lingkup pekerjaan apoteker, Program Pendidikan Profesi Apoteker UII mengadakan kegiatan kunjungan lapangan bagi mahasiswa PPPA angkatan XVII.  Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 17-18 Januari 2011 dan diikuti oleh 97 mahasiswa. 
Rombongan kunjungan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok yang melakukan kunjungan ke PT. Deltomed Laboratories di Wonogiri Jawa Tengah dan kelompok yang langsung menuju ke Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (yang sebelumnya bernama Balai Pengembangan Tanaman Obat/BPTO) di Tawangmangu, Karanganyar Jawa Tengah.  Walaupun kedua kelompok memiliki rute yang berbeda, namun kedua kelompok berangkat secara bersamaan pada Hari Senin 17 Januari 2011 Jam 6 pagi.

Rombongan yang menuju ke PT. Deltomed Laboratories adalah kelompok mahasiswa yang tidak mengambil praktek kerja profesi apoteker (PKPA) bidang industri farmasi.  PT. Deltomed dipilih sebagai tujuan kinjungan karena komitmennya dalam memproduksi obat-obat herbal asli Indonesia yang berkualitas, di samping lokasinya yang tidak terlalu jauh dan antara PT. Deltomed dengan PPPA UII juga telah terjalin kerja sama untuk pelaksanaan PKPA.  Dengan adanya kegiatan kunjungan ini, diharapkan mahasiswa yang tidak mengambil PKPA bidang industri farmasi tetap mendapatkan gambaran riil tentang ruang lingkup nyata pekerjaan apoteker di bidang industri farmasi.  “Kegiatan kunjungan ini sangat menyenangkan dan tentunya menambah wawasan saya, karena saya bisa melihat dengan nyata proses produksi obat herbal. Dari kunjungan ini juga saya dapat mengetahui lebih nyata, bahwa apoteker memiliki peluang besar dalam produksi obat herbal, mulai dari proses QC sampai QA” Ujar I’in Ayu Rutila, salah satu peserta kunjungan.
Selepas melaksanakan kunjungan ke PT. Deltpmed Laboratories, rombongan menuju ke Tawangmangu untuk bergabung dengan kelompok mahasiswa yang sudah terlebih dahulu berkunjung ke B2P2TO2T, yang terdiri dari kelompok mahasiswa yang mengambil PKPA bidang Industri Farmasi.  Pada Hari Selasa tanggal 18 Januari 2011, kelompok yang sebelumnya melaksanakan kunjungan ke PT.Deltomed juga melaksanakan kunjungan ke B2P2TO2T.  “Kunjungan ke B2P2TO2T ini semakin menambah kebanggaan saya, karena ternyata Indonesia memiliki banyak sekali variasi tanaman obat yang dapat dikembangkan.  Perguruan tinggi seharusnya semakin meningkatkan perannya dalam pengembangan tanaman obat ini, agar kekayaan alam Indonesia yang melimpah ini dapat dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat”. Ujar Chondro Suro Miyarso, salah seorang mahasiswa yang melaksanakan kunjungan ke B2P2TO2T pada tanggal 17 Januari. 
Karena kegiatan kunjungan ini dilaksanakan selepas mahasiswa melaksanakan ujian akhhir semester I, dan pada awal bulan Februari mahasiswa akan memulai kegiatan PKPA, mahasiswa juga benar-benar memanfaatkan kegiatan kunjungan ini untuk refreshing dan menambah keakraban di antara mereka. “Karena setiap kelompok PKPA anggotanya harus kompak, dan mungkin di antara mahasiswa belum benar-benar akrab karena berasal dari perguruan tinggi yang berbeda-beda, maka perlu ada upaya membangun chemistry dulu sebelum berangkat PKPA.  Kegiatan ini salah satunya yang bisa dimanfaatkan” Ujar Yosi Febrianti, mahasiswi asal Ciamis.