Informasi Seminar SJSN

 Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) atau yang lebih dikenal sebagai Jaminan Kesehatan nasional (JKN) efektif berlaku pada tanggal 1 Januari 2014. JKN merupakan perlindungan di bidang kesehatan untuk menjamin pemenuhan kebutuhan dasar kesehatan yang layak melalui penerapan sistem kendali biaya dan kendali mutu, dan diselenggarakan berdasarkan prinsip asuransi sosial dan equitas bagi seluruh penduduk di wilayah Indonesia.
 
Farmasis sebagai salah satu tenaga kesehatan memiliki peranan penting sebagai agen KENDALI MUTU dan KENDALI BIAYA. JKN mencakup pelayanan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif termasuk pelayanan obat dan bahan medis habis pakai.  Dalam era JKN diperlukan kerja sama yang baik antara dokter dan apoteker dalam pemenuhan pelayanan baik dari primary care (pelayanan kesehatan utama), secondary care (pelayanan rujukan), dan tertier care.
 
Melihat latar belakang tersebut, Program Studi Profesi Apoteker Fakultas MIPA Universitas Islam Indonesia akan menyelenggarakan kegiatan Seminar Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang bertemakan "Eksistensi dan Profesionalitas Farmasi di Era Jaminan Kesehatan Nasional". Salah satu tujuan diadakannya seminar tersebut adalah memberikan overview pada mahasiswa dan pratisi tentang JKN, meliputi tentang pengertian sistem jaminan sosial, dan manfaat yang didapatkan dari penerapan JKN.
 
Untuk pembicara dan pemateri dalam seminar itu nantinya Insya Allah akan diisi oleh :
1. Dra. Maura Linda Sitanggang, Apt., Ph.D., dengan materi : "Tantangan Era JKN bagi Profesi Farmasi di Indonesia"
2. Drg. Sri Endang Tidarwati, MM., dengan materi : "Mekanisme Pembiayaan Jaminan Kesehatan pada Fasilitas Kesehatan Primer dan Sekunder"
3. Nunut Rubiyanto, S.Si., Apt., dengan materi : "Eksistensi dan Profesionalitas Farmasi di Era JKN"
 
Kegiatan ini nantinya akan dilaksanakan pada :
Hari, tanggal : Sabtu, 26 Oktober 2013
Waktu           : 08.00 – 12.30 WIB
Tempat          : Gedung Kuliah Umum (GKU) Prof. Dr. Sardjito
                        Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia