Workshop Penyusunan Modul PKPA

 Program Studi Profesi Apoteker Universitas Islam Indonesia telah sukses menyelenggarakan workshop penyusunan modul PKPA 2012 yang berlangsung selama 2 hari (Jum’at – Sabtu, 11 – 12 Mei 2012). Kegiatan workshop sendiri dilangsungkan di Wisma MM UGM Jln. Colombo Yogyakarta, dalam kesempatan tersebut acara dibuka secara resmi oleh bapak Yandi Syukri, M.Si., Apt selaku Dekan Fakultas MIPA Universitas Islam Indonesia.

Kegiatan workshop tersebut diikuti sebanyak 34 peserta dari berbagai Rumah Sakit dan Apotek yang selama ini menjadi tujuan tempat Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA). Dalam sambutannya, Dekan Fakultas MIPA berpendapat, “Dengan adanya kegiatan workshop ini, diharapkan bisa menyeragamkan teknis pelaksanaan PKPA di semua institusi tempat pelaksanaan PKPA dengan mengacu pada standar kompetensi yang sudah ditetapkan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI)”, terang beilau.

Pada awal acara, seluruh peserta workshop diperkenankan memperkenalkan diri dengan disaksikan seluruh peserta yang lain. Dilanjutkan dengan penyampaian visi, misi dan kompetensi PSPA UII yang dipaparkan oleh Ketua Program Studi Profesi Apoteker UII, bapak Saepudin, M.Si., Apt. “ Salah satu tujuan utama adanya workshop penyusunan modul PKPA ini adalah memberikan gambaran mengenai visi, misi, dan tujuan PSPA UII kepada para pembimbing PKPA sebagai acuan dalam mencapai standar kompetensi yang diharapkan selama PKPA”, terang beliau. Selaku pembicara dalam kegiatan workshop ini adalah dr. Nurhayati, M.Med.Ed. Beliau menuturkan tentang strategi pengembangan materi, metode dan evaluasi stase di Rumah Sakit.

Pelaksanaan workshop hari kedua, seluruh peserta dipecah menjadi 2 bagian. Kelompok pertama terdiri dari para pembimbing PKPA Rumah Sakit, dan kelompok kedua terdiri dari pembimbing PKPA Apotek. Pada kesempatan ini, seluruh peserta mengisi kegiatan dengan diskusi masing-masing kelompok.

Diakhir acara, setiap subkelompok diberikan waktu untuk mempresentasikan hasil diskusi. Kegiatan workshop tersebut secara resmi ditutup oleh Dekan Fakultas MIPA Universitas Islam Indonesia, bapak Yandi Syukri, M.Si., Apt.